02 Sep 2019

7 Cara Mengurangi Kecurangan di Meja Kasir

7 Cara Mengurangi Kecurangan di Meja Kasir

Aplikasi Kasir ALITPOS – Semakin lama seorang pegawai berada di posisi kasir, tentu makin memahami seluk-beluk keuangan bisnis Anda. Bahkan ia bisa saja memanfaatkannya untuk melakukan berbagai kecurangan. Hal ini kemudian menjadi godaan tersendiri bagi seorang kasir, hingga akhirnya kita bisa menjumpai kasir yang “Panjang Tangan”, atau melakukan penyimpangan administratif untuk mendapatkan keuntungan pribadi yang pasti efeknya akan merugikan bisnis Anda jalankan. Karena itulah Anda mesti cermati kecurangan-kecurangan itu dan mengantisipasinya.

Berikut ini adalah tips bagaimana Anda mengurangi kecurangan di meja kasir atau bahkan mencegahnya terjadi di kemudian hari;

1. Selektif Dalam Memilih Pegawai

Hal terpenting yang harus Anda lakukan adalah selektif dalam memilih pegawai, ini sangat penting sekali. Sebab pada fase ini lah Anda dapat menilai bagaimana karakteristik seseorang.

2. Uji Kejujuran

Jika pegawai sudah diterima dan Anda masih ragu dengan sifat kejujurannya. Anda bisa menggunakan tes kejujuran. Ada berbagai cara untuk melakukan tes kejujuran, misalnya Anda bisa meletakan uang ditempat yang mudah terlihat. Dari situ Anda bisa melihat bagaimana reaksi pegawai tersebut.

3. Jadikan Pegawai Anda Sebagai Teman

Cobalah miliki kedekatan yang erat seperti teman, dan bukannya seperti pemimpin, dengan cara memperlakukan mereka sebaik mungkin, tentu pegawai Anda akan berpikir ulang untuk melakukan hal yang merugikan Anda. Sebaliknya, jika Anda memperlakukan mereka dengan mengekang dan membuat kondisi semakin kaku. Maka bisa jadi ada niatan mereka untuk berbuat curang sebagai bentuk perlawanan dan pemberontakan terhadap atasan.

4. Gunakan Aplikasi Kasir

Nah ini yang terpenting. Kecurangan kasir merupakan salah satu hal yang dihadapi oleh pemilik bisnis dari waktu ke waktu. Tidak peduli seberapa baik Anda mengenal pegawai Anda, karena selalu ada kemungkinan untuk melakukan kecurangan tersebut. Dan, kecurangan yang dilakukan oleh seorang pegawai pun ada bermacam-macam, contohnya dengan memberikan diskon tanpa otoritas atau memberikan bonus kepada pelanggan tanpa diketahui atasan.

Jika pegawai Anda tahu bahwa Anda memiliki system seperti aplikasi kasir, maka mereka akan berpikir dua kali, kenapa? Karena dengan menggunakan aplikasi kasir maka kinerja pegawai kasir akan bisa dipantau kapan pun dan darimana pun apabila sudah terhubung dengan paket internet, kemudian bisa mentracking setiap kejanggalan laporan yang terjadi di setiap transaksi untuk meminimalisir kecurangan pada bagian kasir. Memang awalnya ribet untuk beralih dari cara manual ke aplikasi kasir. Tapi dengan terus belajar dijamin kedepannya akan lebih mudah, cepat dan nyaman.

Namun, perlu diketahui banyak aplikasi sekarang cuma sekedar aplikasi kasir, bahkan banyak di playstore yang sampai bertaburan dan gratis. Saran saya pakailah yang berbayar, memang anda akan mengeluarkan modal, tetapi akan lebih aman, karena kita bisa meminta garansi serta pertanggungjawaban dari pihak penyedia aplikasi kasir yang bersangkutan. Dengan kata lain bisa lebih mengurangi kecurangan pada sistem kasir bisnis UKM kita.

Satu lagi yang terpenting, gunakan aplikasi kasir yang handal, maksudnya handal disini adalah yang user interface-nya smooth dan lebih stabil sistemnya, karena aplikasi kasir ini fungsinya sangat riskan, kalau ada error sedikit atau lemot atau lag saat kita menjalankan bisnis kita, maka otomatis segala bentuk transaksi pencatatan pun akan terhenti atau terhambat, artinya bisnis kita akan stuck dan akan mempengaruhi omset karena nantinya pelanggan akan mengeluh soal pelayanan kita.

5. Melakukan Audit

Sering-seringah Anda melakukan audit. Sebab dengan audit seseorang akan mawas diri dan akan takut untuk melakukan kecurangan. Pegawai yang mengetahui bahwa Anda sering melakukan audit pastinya akan takut untuk melakukan kecurangan. Lakukan audit secara rutin dan pastikan pegawai Anda mengetahui jika Anda selalu melakukannya.

Apabila Anda telah berlangganan aplikasi kasir , Anda dapat melihat dan mencocokkan laporan transaksi, laporan laba, hingga laporan stok yang ada pada back-office dengan hasil yang ada di tempat bisnis Anda. Selain itu, audit juga membuat Anda mengetahui bagaimana posisi keuangan bisnis anda.

6. Pasang CCTV

Tidak berlebihan jika Anda berencana memasang CCTV. Sebab, selain berfungsi untuk memantau keamanan juga dapat memantau kinerja dari pegawai Anda, terutama kasir. Nah, sedikit saran, coba taruh CCTV yang dapat menangkap gerak kasir sekaligus melihat tempat bisnis Anda secara keseluruhan.

7. Ciptakan suasana kerja yang positif

Karyawan yang bahagia dengan pekerjaannya akan mempunyai rasa memiliki dan cinta pada perusahaan yang ditempati mereka akan bertindak hati-hati dan cenderung lebih jujur. Tunjukkan komitmen anda terhadap kejujuran, disiplin, dan keamanan tempat kerja. Berilah contoh, Jika terjadi penyimpangan, jangan ragu-ragu untuk menegakkan aturan dengan tegas. Agar menjadi contoh bagi karyawan lain selain kasir, jadi nantinya kalau mereka menemukan kejanggalan serupa di pegawai kasir yang baru, mereka akan melakukan inisiatif sendiri untuk menegakkan aturan yang ada.

Demikian beberapa tips untuk mengurangi dan mencegah kecurangan pada pegawai Kasir. Anda bisa mempraktekkan ke enam cara antisipasi kecurangan kasir untuk untuk memastikan bisnis anda tetap aman dan terkendali.

(src:nutapos)