11 Oct 2017

Cara Mengatasi Kesalahan Dalam Pengelolaan Stok

Cara Mengatasi Kesalahan Dalam Pengelolaan Stok

Jika ada satu hal yang harus Anda lakukan dengan benar saat Anda menjalankan bisnis, hal itu adalah pengelolaan stok barang.

Mengapa? Karena pengelolaan stok yang buruk dapat menyebabkan pengalaman pelanggan yang buruk, mengurangi penjualan, dan menahan modal. Dengan kata lain, jika Anda gagal mengelola stok dengan benar, kemungkinan besar Anda akan memiliki masalah terutama masalah finansial dan pengalaman pelanggan.

Untuk memastikan hal itu tidak terjadi, Anda perlu mengetahui beberapa kesalahan perhitungan stok yang paling sering dilakukan pemilik bisnis ritel.

Cek daftar berikut ini dan lihat apakah Anda melakukan salah satu dari kesalahan tersebut. Jika ya, jangan khawatir karena ada beberapa rekomendasi tentang cara memperbaikinya.

1. Jarang menghitung stok di gerai Anda

Cara mengatasi masalah pengelolaan stok seperti penyusutan dan perbedaan jumlah stok adalah dengan mengetahui ketersediaaan stok Anda. Jika Anda tidak sering atau secara berkalai menghitung stok di gerai Anda, maka kemungkinan Anda akan mengahadapi masalah tersebut.

Coba Anda pikirkan: jika Anda melakukan perhitungan stok setahun sekali, laporan stok Anda memiliki perbedaan dalam waktu satu tahun dan akan sulit untuk mengetahui penyebab perbedaan jumlah stok gerai Anda.

Itulah sebabnya banyak ahli merekomendasikan perhitungan stok secara berkala dan terus menerus. Metode ini bisa Anda lakukan untuk berdasarkan siklus perputaran stok atau volume stok.

Anda bisa melakukan perhitungan stok setiap hari atau setiap minggu untuk produk yang lebih cepat habis atau lebih sering terjual. Sementara untuk produk yang memiliki volume rendah atau jarang terjual, Anda bisa menghitung stok produk setiap bulan.

Cara terbaik selanjutnya, paling tidak sebagai pemilik usaha Anda harus melakukan perhitungan stok setiap 3-4 bulan sekali untuk semua stok gerai Anda. Sedikit tips yang akan mempermudah Anda dengan memiliki sistem pengelolaan stok yang terhubung dengan scanner barcode.

2. Masih mengelola stok Anda secara manual

Anda tidak dapat mengelola stok jika Anda masih menggunakan pena dan kertas. Mengontrol stok secara manual dapat menyebabkan kesalahan karena human error, perbedaan jumlah persediaan, dan waktu yang terbuang.

Lalu apa yang harus Anda lakukan? Anda perlu meninggalkan sistem manual dan beralih ke sistem digital, terutama proses memasukkan data dan laporan stok.

Daripada Anda harus menulis setiap informasi dan jumlah produk, akan jauh lebih baik jika Anda menggunakan sistem pengelolaan stok otomatis. Pada jaman modern ini, sistem pengelolaan stok bahkan bisa melakukan integrasi langsung saat terjadi penjualan makan stok secara otomatis akan berkurang. Anda kini tidak perlu mencatat secara manual.

Anda juga bisa memperoleh laporan stok yang lengkap serta akses kapan saja, dengan menggunakan sistem manajemen stok yang terdapat pada software kasir. Memiliki laporan yang detil memudahkan Anda mengetahui penjualan terbaik dan perkembangan bisnis Anda, dengan demikian Anda dapat membuat keputusan pegelolaan stok yang lebih cerdas.

3. Memiliki ruang persediaan yang tidak terorganisir

Ruang persediaan yang berantakan adalah hal yang tidak boleh terjadi bagi pengusaha ritel. Menaruh produk di semua tempat atau tersembunyi di bagian belakang dapat mengurangi efisiensi toko dan menyebabkan masalah pada pengelolaan stok.

Berikut ini beberapa tips mudah untuk membantu Anda menjaga ruang persediaan tetap rapi dan terorganisir:

  • Posisikan barang jualan Anda dengan lebih strategis

Pikirkan bagaimana Anda harus mengatur dan memposisikan produk Anda di ruang persediaan Anda. Kuncinya adalah membuat semua produk dapat ditemukan semudah mungkin.

Bergantung pada bagaimana Anda mengelola gerai, Anda bisa menempatkan produk yang paling sering terjual di bagian depan, sehingga lebih mudah diakses. Dalam beberapa kasus, mungkin lebih masuk akal untuk mengelompokkan semua produk serupa atau mengatur produk berdasarkan kategori. Apapun masalahnya, Anda mengetahui bagaimana cara yang tepat untuk bisnis Anda.

  • Beri label pada tempat atau rak penyimpanan Anda

Label bisa menjadi solusi untuk mengelola ruang persediaan, jadi luangkan waktu membuat label secara terperinci dan mudah dipahami untuk ruang penyimpanan dan kontainer Anda.

Menggunakan kontainer atau wadah untuk menaruh produk adalah cara yang sangat mudah dan teratur untuk menjaga ruang persediaan Anda tidak berantakan. Mengidentifikasi kontainer dengan label, akan membantu Anda mengelola persediaan yang menumpuk di sembarang tempat.

Misalnya, Anda bisa memiliki kontainer berlabel “dekorasi toko”, “hadiah promosi” hingga “gantungan baju”. Anda juga bisa memberikan label seperti “produk rusak” atau “pengembalian” untuk produk yang ingin Anda kembalikan pada pemasok. Jenis label ini tidak terbatas dan bisa Anda lakukan sesuai kebutuhan toko Anda.

  • Gunakan rak tinggi

Rak tinggi memungkinkan Anda memanfaatkan sepenuhnya ruang vertikal di gudang persediaan, sehingga penggunaan ruang Anda menjadi lebih efisien. Tak hanya itu, rak ini juga membantu Anda menghemat waktu dan tenaga, karena dapat menghindari penumpukan banyak kotak di atas satu sama lain.

Bagaimana dengan pengelolaan stok gerai Anda? Segera atasi masalah pengelolaan stok untuk menghindari masalah di aspek bisnis lainnya.

cr:pawoon