26 May 2017

Mengenal Teknologi Point of Sale ( POS ) untuk Kasir

Mengenal Teknologi Point of Sale ( POS ) untuk Kasir

POS (Point of Sale) adalah program khusus yang dirancang untuk mempermudah transaksi penjualan yang dibutuhkan oleh pengusaha pertokoan dengan menggunakan sistem kasir yang tercatat. Software POS (Point of Sale) ini terdiri dari dua modul yaitu Modul Kasir dan Modul Administrasi. Modul kasir hanya melayani penjualan. Sedangkan Modul Administrasi digunakan untuk berbagai macam transaksi pembelian dan invetarisasi semua transaksi.

Cara Pengoperasian software ini cukup mudah dan dapat menyajikan data yang akurat dalam beberapa jenis laporan (stok, hutang, piutang, customer, supplier, penjualan, pembelian serta laporan keuangan dan lain-lain). Software ini juga mampu memberikan history transaksi secara detail dan sistematis.

Mengapa Point of Sale menjadi penting?

Contohnya pada usaha Retail, Karena seiring dengan berkembangnya usaha, sistem kasir akan dijalankan bukan oleh pemilik tokonya langsung, namun oleh karyawan. Karena itu pemilik wajib tahu apa yang dikerjakan oleh kasir, dan berapa uang yang didapatkan secara tepat.

Para pengusaha retail lama mungkin telah terbiasa dengan mesin kasir elektronik atau disebut Cash Register. Cash Register adalah sistem kasir sederhana yang bisa mengetahui omzet hari ini. Mesin ini juga bisa mengetahui aktivitas uang masuk oleh masing-masing karyawan kasir, jika dipakai oleh lebih dari satu orang. Seiring dengan pesatnya perkembangan komputer, cash register mulai ditinggalkan dengan alasan sebagai berikut:

  • Kapasitas penyimpanan terbatas
  • Hanya dapat melakukan transaksi sederhana
  • Tidak dapat digunakan untuk kepentingan lainnya
  • Sistem terlalu sederhana. Kalaupun ada cash register yang mampu mendukung sistem stok (persediaan), harganya sangat mahal.
  • Tidak dapat di upgrade. Misalnya tidak mendukung sistem Barcode. Kalaupun ada, harganya juga mahal.
  • Biaya maintenance tinggi. Jika terjadi kerusakan modul, spare-part jarang tersedia.

Karena itu sekarang, sistem kasir telah digantikan oleh sistem Point of Sale (POS) kasir. Walaupun tahap implementasi awal terlihat lebih rumit, namun fitur yang disediakan jauh melebihi cash register.

cr: pradiptadevie